jump to navigation

SMS ! Oktober 29, 2006

Posted by Goslink in Daily Life, Lingua, Opini.
trackback

Begitulah isi ucapan sms dari salah satu temanku dalam rangka hari Raya Idul Fitri. Sekilas tidak ada yang aneh dari isi sms tersebut, bahkan mungkin tergolong biasa karena ada juga temanku yang mengirimkan ucapan dengan gaya yang puitis, lucu atau bahkan ada pula yang disertai dengan gambar. Kebetulan tidak ada yang mengirimkan ucapan dalam bentuk MMS karena teman-temanku tahu ponselku tidak mendukung layanan itu (maklum ponsel zaman baheula…hehe)

Kembali ke isi sms di atas, yang ingin aku cermati adalah tulisan dari sms di atas yang dapat bermakna salah. Kalau kita perhatikan satu persatu, ada 2 kata dalam isi sms tersebut yang maknanya bisa sangat berbeda. Kata pertama adalah “Ass.” Pengirim pesan mungkin bermaksud mengucapkan salam, namun karena keterbatasan huruf yang diizinkan supaya bisa mengirimkannya dalam 1 sms (1 sms maksimum 160 huruf), kata yang mestinya berbunyi “Assalamu’alaikum” kemudian disingkat menjadi “Ass”. Singkatan tersebut sama dengan kata dalam bahasa Inggris yang bermakna (maaf) pantat atau bokong. Pengirim pesan mungkin bisa mengelak bahwa baik penulis ataupun penerima pesan sudah saling mengetahui kepanjangan dari singkatan tersebut. Namun layakkah ucapan yang mestinya bermakna baik disingkat menjadi kata-kata yang maknanya 180 derajat berbeda. Solusinya menurutku adalah pengirim pesan tidak menyingkat kata tersebut atau sama sekali tidak perlu menuliskan salam. Karena menyingkatnya tidak akan mengembalikan makna ucapan salam yang sebenarnya.

Kata yang kedua adalah kata “4JJ I”. Bagi orang yang mengerti tulisan Arab, mungkin akan segera mengetahui maksud dari tulisan tersebut. Pengirim pesan berusaha untuk menuliskan tulisan Allah dalam bahasa Arab kedalam tulisan latin. Namun karena ponselnya tidak mendukung layanan tersebut, mereka menggantinya dengan 4 kombinasi huruf dan angka : 4, J, J dan I. Menurut pendapatku hal ini tidaklah dapat diterima karena arti dan maknanya sangat jauh berbeda, bahkan bisa mendorong kepada tindakan pelecehan. Saranku, pengirim pesan bisa tetap menuliskannya dalam tulisan latin / Indonesia : Allah atau Alloh. Wallahu’alam.

Komentar»

1. Akh Ikhsan - Februari 26, 2007

Alhamdulillahi robbil ‘alamiin, Ash Sholaatu wa as salamu ‘alaa Rasulillah wa ‘alaa alihi wa ashhabih ajma’in. Amma ba’d Akhir-akhir ini ana semakin sering menemukan penulisan lafadz “Alloh” atau “Allah” dalam bahasa Indonesia diganti dengan “4JJl”. Tidaklah pertama kali ketika ana menemui penulisan ini, kecuali di lakukan oleh kalangan harokiyyun. Mereka adalah orang-orang “gaul” yang kemudian tersentuh dakwah harokiyyah. Yang mana harokiyyah tempat mereka bernaung tidak pernah menegur atau menasihati terkait kesalahan-kesalahan yang dilakukan anggotanya. Ini tidaklah aneh karena mereka berpedoman pada sebuah kaidah: “Kita tolong menolong dalam hal yang kita sepakati dan kita salaing bertoleransi dalam hal yang kita sepakati” KAidah yang binasa ini telah membinasakan kaidah yang agung dimana Alloh Ta’ala memerintahkan kepada para Rasul dengannya, yaitu kaidah amar ma’ruf nahi munkar. Bukankah dakwah para nabi dan rasul untuk menegakkan amar ma’ruf nahi munkar. Memerintahkan kepada tauhid dan melarang dari kesyirikan. memerintahkan kepada ketaatan dan menjauhi kemaksiatan. Bukankah demikian!? Dan yang membuat aneh lagi, Allohu al Musta’an, kebiasaan ini ditiru oleh sebagian “kalangan”. Apakah yang membebani kita ketika menulis lafadz “Alloh” atau “Allah” sebagaimana yang sudah dikenal penulisan dalam bahasa Indonesia. Kemudian kita menggantinya dengan “4JJl”. Apakah kalau kita menulis dengan lafadz “Alloh” atau “Allah” kemudian dikatakan “tidak gaul” tidak ikut “trend”. Wallohi, Hadza syai’un ‘ujaab…!!!??? Dari >>> [ “Abu Muslim al Katuny” ] (dari bulletin board abi hanim)

2. awahyudin - Maret 6, 2007

Terimakasih komentarnya. Makanya saya juga sedang berusaha mensosialisasikan hal ini ke lingkungan terdekat saya. Karena lama kelamaan hal ini bisa dianggap suatu hal yang biasa.

3. firda - September 18, 2007

assalamu`alaikum
ada yg tau lafazh 4jjl itu dengan makna for judas judas,jesus, isa almasih? skrg hati2 yah umat muslim… sekarang banyak dikecohkan oleh noni alias non islam, dan ada yg tau websitenya saya lg cari nih..??

4. Ria Erabka - September 19, 2007

penulisan ALLOH saya rasa tak ada yang harus disalahkan….

5. Muttaqin - September 19, 2007

dimohon para penulis SMS terutama yang islam untuk tidak menyingkat kata ALLAH menjadi 4JJI, karena 4JJI simgkatan dari FOR JUDAS JESUS ISA. bagi beragama islam mungkin mengerti maksud saya. terima kasih

6. Goslink - September 20, 2007

@firda,Ria Erabka, Muttaqin : terimakasih atas pendapatnya. Lepas dari apa kepanjangan 4JJI, saya merasa bahwa penggunaan kata ini kurang baik. Sebenarnya apa susahnya ya mengetik kata Allah atau Alloh. Toh secara jumlah karakter hanya selisih satu huruf.

Marilah kita mulai dari diri sendiri untuk menuliskan kata Allah/Alloh dan salam secara lengkap dalam setiap kesempatan.

7. Edi Satria - September 20, 2007

kepada seluruh rekan-rekan muslim n muslimah yang tau website tentang singkatan sms 4JJI dari FOR JUDAS JESUS ISA, klo ada yang tau tlong krim ke email gw ya di unix_boy86@yahoo.co.id. thank’s..

8. Goslink - September 20, 2007

Kalau saya berpendapat, yang terpenting bukan arti dari singkatan itu,tapi dengan menyingkat kata Allah menjadi 4JJI justru akan menghilangkan makna, bahkan bisa jadi merupakan salah satu bentuk pelecehan terhadap asma Allah. Wallahu’alam

9. Genk - September 21, 2007

Mengingat kata atau tulisan 4JJI diartikan for judas jesus isa. Itu tergantung niat si pembaca, jd ga usah berdebat MURAHAN seperti ini deh, toh nabi isa jg nabi Allah Swt. “Sungguh telah kafirlah orang2 yg berkata “sesungguhnya Allah ialah Al Masih putra Maryam, padahal Al Masih (sendiri) berkata: Hai bani israel, sembahlah 4JJI Tuhanku dan Tuhan kamu” sesungguhnya orang yg mempersekutukan sesuatu dengan 4JJI, maka pasti 4JJI mengharamkan kepadanya Syurga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang2 zalim itu seorang penolong (Q.S. Al-Ma’idah Ayat 72)”

10. Genk - September 21, 2007

Kalo memang anda akan meluruskan masalah tulisan 4JJI agar tdk digunakan untuk sms or posting, nih tak ksh tau caranya. Kita kan negara hukum dan punya lembaga DEPAG dan lembaga MUI, jadi silahkan anda datangi salah satu departemen itu dan sampaikan maksud anda. Kalo anda cm dgn cara begini ya yg ada cm menghasilkan debat MURAHAN. Jd selama blm ada fatwa dari MUI ya msh pd gunain tlsn 4JJI, buat sms or posting. Yah semua itu tinggal bgmn kitanya ding “waa akmaluhu binniah waa lillahi turja’ul ummur” ktimbang pada pinter tp kblinger.

11. Genk - September 21, 2007

Mas apa mbak ah bingung, lain x kalo mampir cantumin nick ya. Anda punya nama indah dari bonyok jgn diumpetin, pamali tau masak sih mesti diajarin juga. Udah ah ane mah paling ogah berdebat MURAHAN seperti ini. Terimakasih atas undangan anda.

12. ibnu - September 21, 2007

terima ksih atas infonya, inlilah salah satu dampak negatif dari teknologi, untuk itu kita harus lebih berhati – hati. saya juga sering salah penafsiran dgn tman2 dlm hal ini.
semoga ini menjadi pelajaran berharga bagi kita semua

13. Goslink - September 21, 2007

@ saya tidak punya kapasitas untuk memberikan fatwa dan tidak punya jalur ke MUI. kalau anda ada silahkan sampaikan ya…

Tulisan ini kan hanya mewakili opini saya pak.

14. naomi - September 23, 2007

saya dr dulu kurang sreg terima sms dgn kalimat 4JJI, sdh artinya melenceng jauh, sok gaul tp malah tdk menghormati Allah sbg pencipta alam semesta. cuma kurang 1 huruf sj,kalau alasan utk singkatan, saya rasa gak beda. Apalagi stlh saya tau, artinya 4JJI, kok tega2nya Allah diposisikan dgn nabi and whatever yg tdk ada hubungannya dgn islam.

15. phandik's - September 23, 2007

bener tuh!!!!!
masa nama Allah ad bhs gaulnye sih!!
harusnya tu MUI menindak hal ini…
biar nantinya ga tmbah mnyebar,bisa2 mlah ntar ada kata gaul baru lagi!!paling tidak MUI memberitahukan kemasyarakat tentang arti “4JJi”.
itu khan singkatan buwat kaum non islam……
yang artinya “For Judas Jesus Isa almasi”.
kreatip tapi terlalu kreatip…..
untung aja yang bersangkutan ga marah..

16. ali_nes - September 23, 2007

aku setuju ma kata-kata phandik’s
ko mui ga cepet b’rtindak sih tu kan hibungannya sama nama sang pencipta, masa buat nulis nama sang pencipta harus ngirit padahal juga cuma ngirit satu huruf kan antara “4JJI sama Allah ” cuma beda satu huruf.
4JJI juga akal-akalan orang non muslim yang hobi banget sama yang irit2 makanya buat semua orang yang dah baca tulisan ni kasih tau sama semua orang apa arti “4JJI” ( 4 : For , j: judas , j: jesus , i: isa almasi)
okj prend’s2!!!!!!!!!!!!!!!
eh ya buat MUI kasih tau dong sama masyarakat kalo bisa lewat TV yang semua orang bisa nglihat. thank’s

17. Dean - September 24, 2007

Ass…
aq juga sebenarny ga gitu ngreti bgt. btw.. hal ini khan menyangkut ke imanan dan ketaqwaan kita kepada Nya. Any way kalaw ada yang ud tau … Please yaw kirimin ke aq…
mutz_dean@yahoo.com
MaKasi sbLum`y..
Wss

18. edi.sopiansyah - September 28, 2007

kalau ana berpendapat ya bisa salah bisatidak karna semuanya kembali kepada niat orangnya,yang mana rasulullah pernah bersabda segala sesuatuitu tergantug pada niat”inna a’malu binniat”.wassalam

19. fuddin_0067 - September 29, 2007

semua tuh tinggal niatnya ? AL AMALU BINNIAT

20. diego - Oktober 1, 2007

Assalamualaikum….

Aq juga sebenernya gak gitu ngerti tentang masalah ini…
cz ilmuku masih dikit bangetzz
Tapi aq gak se7 klo ada yg bilang ni cuma “DEBAT MURAHAN” yang gak berguna,,
cz ni smw kan ada hubungannya dengan keimanan kita…

sebenernya gara2 masalah penulisan 4JJI ini muncul banyak polemik di temen2 sekitarku..
aq dan beberapa temen2q jadi ragu dan bingung,,

yang PERTAMA kita memang harus tahu sebenernya dari mana tulisan ini pertama kali muncul…
TRUZ kita harus check kebenaran tulisan ini…

BOEAT MUI dan LEMBAGA MUSLIM yang lain :
tolong bantu kami selesaikan masalah ini….
masalah ini udah membuat bingung rakyat banyak…
SEMOGA masalah ini dapat cepet ditemukan solusinya…

yang TERAKHIR,, menurutku sebaiknya kita untuk sementara waktu tidak menuliskan nama ALLAH dengan 4JJI…
karena kita sebaiknya tidak melakukan sesuatu yang meragukan…
BUAT TEMEN2 yang bisa kasih solusi masalah ini kirim email ke: diego_azza@yahoo.com

21. yayah satariah - Oktober 1, 2007

assalamu’alaikum wr.wb……. waduh terima kasih tas info’y! sebelumnya ane selalu memakai singkatan itu bukan males nulis allah seh tapi cuma sekedar biar gaul ja githu, tapin setelah tau artinya masa allah ane bener2 kaget, so… mulai sekarang kita harus hati2 dal;am menggunakan singkatan sms,otree………trims yaw semuanya

22. fathoni - Oktober 5, 2007

Judas ga da hubungannya sama sekali dengan kerusakan aqidah, ia adlh pengkhianat nabi isa (jesus) yang dicantumkan dalam al qur’an . dia bukan tuhan bukan apa apa .

selain itu isa kan artinya sama dengan jesus . kita (umat muslim) mengatakan isa , sedangkan mereka (umat lain) menyebut jesus . dalam hal ini sepertinya orang yang bikin singkatan for judas jesus isa itu cuma iseng belaka . ia hanya ingin bikin keributan . lagian di hape kan gag ada simbol ALLAH . jdi dengan 4JJI , minimal kta bisa bikin simbol ALLAH . lagian selama kita mengartikan bahwa 4JJI itu ALLAH , why not ? kita gag usah mengartikan seperti itu . walaupun diartikan for judas jesus isa , itu kan janggal , judas itu bukan apa2 cuma pengkhianat isa/jesus , sedangkan jesus itu sama dengan isa . so , semoga 4JJI mengampuni orang yang iseng bikin singkatan 4JJI sebagai for judas jesus isa .

simbol atau akronim singkatan, itu memang selalu multi tafsir, mas. Cuma, ya kesannya dipaksain. Basa jawanya, di-gatek gatek’ke gitu lah. Dicari-cari kemiripannya. Kayak ini; Kompas(koran): Komando Pastur, Djarum(rokok): Demi Jesus Aku Rela Untuk Mati

coba lihat…apakah lafazh Allah atau Alloh sudah benar2 mewakili lafzhul jalalah yang aslinya dalam bahasa Arab ???

Bukannya udah banyak juga orang iseng…kata Allah bahkan dibajak oleh Nashara menjadi sebutan tuhan mereka…padahal dalam Injil ga ada kan?

Kata Alloh juga…apakah memang sudah sesuai ???

Coba baca ABDULLAH ….berapa org yg membaca sesuai dengan kaidah Arab (AB DUW LOH)

Sooo…..jangan terlalu pusing deh….tentunya sangat pas jika pake lafzhul jalaalah yg asli dari kata Arab…tapi kalo g bisa….lambang juga ga masalah

Toh….lafzhul jalaalah dlm bahasa Arab juga lambang dan simbol ….Tuhan kita kan bukan sekedar tulisan

23. Afta Ramadhan - Agustus 3, 2008

Assalamualaikum…
Inna a’malu binniyat..kita sering mendengar kata-kata tersebut. Maka dari itu..Menurutku…singkatan kaya’ gitu sih.. sah-sah aje, yang penting niat kita kan…selama niat kita baek hasilnya juga baek.

Tetapi informasi seperti ini juga sangat bermanfaat bagi kita semua, khususnya umat muslim. Agar kita sebagai umat muslim lebih berhati-hati lagi di zaman yang mulai serba modern ini.
Wassalamualaikum…peace be open you

24. Ian - Oktober 2, 2008

Kalian tuch dsni,Debat kusir..tu hnya sbuah simbol,simbol dlm pnulisan sms..4JJ l y d bca’y allah..apa hbngan’y dngan judas dkk..
Kalian klo pnya otak,psti brpkir..apakah ada d alquran klo lmbang itu brhubungan dngan judas dkk..trus persepsi kalian,bsa d pngaruhi klo lmbang tu da hbngan’y dngan jdas..
Sblm isu ini d angkt,mngkn kta smua spakat klo 4JJ l d bca’y allah..
Ttpi skrg,d haramkan..
Kalian smua kna perangkap oknum2 yg ingin merusak islam dri hal yg pling kcil..
Ju2r smpe skrang smbol tu msh sya pke bwt sms,krna sya brpkir nulis allah alangkh baik’y yg mndkti 4JJl..dn ustad2 yg sy krimin sms dn ada 4JJI..Mreka tdk mslah,justru mngikuti..
Cba lh klian diskusi dngan tema yg jlas..
Msal ttng agama islam d indonesia tdak mnjdi pedoman hdup lg..yg brdmpak ngra indonesi nerag bobrok..anarkis,korupsi,penympangan agama dll..
Trserah klian mau menyingkapi’y trserah apa..wasalam

25. anisa - Mei 20, 2010

dean; baru juga dibahas ass tu berarti pantat.memang seh tergantung orngna..tapi salam tu kan doa..klo doa km singkat2 misal assalamualaikum wr.wb mjd “ass” jadi doanya jadi pa?doa tu ga bisa disingkat2…mksh…

26. roroinda - Agustus 29, 2011

untuk pemakaian “ass” mungkin bisa diganti dengan kata “salam”.
-roro-


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: