jump to navigation

Selamat Hari Raya Idul Fitri Oktober 23, 2006

Posted by Goslink in Daily Life, Islam.
trackback

Hari ini sebagian umat Islam di Indonesia sudah merayakan hari raya Idul Fitri 1427 H, sedangkan sebagian besar yang lain baru akan merayakannya besok bertepatan dengan tanggal 23 Oktober 2006.

Perbedaan waktu hari raya ini bukanlah yang pertama di Indonesia, namun sudah pernah beberapa kali terjadi. Seorang teman pernah bertanya, kenapa sih sering terjadi perbedaan waktu hari raya idul fitri?. Perbedaan hari raya idul fitri yang umumnya terjadi di Indonesia dikarenakan karena adanya perbedaan metode penentuan waktu 1 syawal. Ada yang menggunakan metode hisab (perhitungan) yang selama ini dilakukan oleh Muhammadiyah, ada pula yang menggunakan metode ru’yat (melihat hilal). Karena keterbatasan ilmu yang saya miliki,saya tidak berani mengatakan mana yang lebih benar. Dalam keluarga saya sendiri terjadi perbedaan, kedua mertua saya berbuka pada hari ini, sedangkan saya dan istri tetap berpuasa dan baru akan merayakan idul fitri besok hari.

Perbedaan pendapat dalam umat Islam memang biasa, bahkan justru akan menambah kekuatan umat karena dengan adanya perbedaan justru umat akan saling toleransi untuk saling menghormati dan menghargai. Namun menurut pendapat saya, dalam masalah ini mestinya ada solusi yang bisa mengurangi kebingungan dalam masyarakat. Akhirnya dalam kesempatan yang baik ini-untuk anda yang hari ini ataupun besok akan merayakan idul fitri, saya sekeluarga mengucapkan :

“Selamat Hari Raya Idul Fitri Taqoballahu Minna Wa Minkum, Semoga Allah menerima Ibadah kita semua “.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

