jump to navigation

Baksos di komunitas pemulung Oktober 5, 2006

Posted by Goslink in Daily Life.
trackback

Walaupun agak terlambat saya ingin menyampaikan hasil pelaksanaan Baksos di Komunitas Pemulung Kalisari Jakarta Timur yang diselenggarakan tanggal 1 Oktober 2006 kemarin (lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali ya…hehe..)

Bakti Sosial yang merupakan hasil kerjasama dari MQ Club Community dengan Alumni SMU 39 Cijantung angkatan 97 dan dukungan dari Portalinfaq itu awalnya akan diselenggarakan pada tanggal 24 September 2006 (1 Ramadhan 1427 H), namun diundur 1 pekan dengan pertimbangan karena biasanya awal ramadhan merupakan momen untuk berkumpul bersama keluarga sehingga kuatir acara ini menjadi kurang efektif. Selain itu untuk memberikan kesempatan agar dana yang terkumpul lebih banyak mengingat sampai tanggal 24 September dana yang terkumpul masih jauh di bawah target.

Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar, walaupun di awal-awal sempat terjadi sedikit kebingungan mengenai susunan acara. Hal ini terjadi karena memang belum pernah dilakukan sama sekali rapat koordinasi antara MQCC, Alumni Galan dan pihak Markazul Qur’an sebagai tuan rumah penyelenggaraan acara. Koordinasi dan informasi hanya dilakukan internal pihak MQCC, itupun hanya melalui email dan sms (saya memakluminya karena cikal bakal komunitas ini memang terbentuk dari diskusi di dunia maya –dari hasil ngobrol saya dengan salah satu anggotanya, saya baru tahu kalau komunitas ini berawal dari komunitas di ruang chat Manajemen Qalbu )

Acara dimulai pukul 4.50, dimulai dengan tasmi’ dari salah satu santri markazul qur’an yang dilanjutkan dengan sambutan-sambutan.Kemudian dilanjutkan dengan ceramah dari ustaz markazul qu’an (afwan saya lupa nama-nama pengisinya). Para undangan acara, yaitu para pemulung baru mulai berdatangan sekitar pukul 05.20 dan mulai memadati halaman masjid markazul qur’an. Ceramah berlangsung hingga waktu ifthor tiba. Setelah ifthor dengan roti sumbangan dari portalinfaq (rotinya enak loh…) dan sholat maghrib berjama’ah, kemudian dilanjutkan dengan makan malam.Setelah itu barulah acara puncak yang dinanti-nanti, yaitu pembagian santunan kepada sekitar 100 KK Komunitas Pemulung Kalisari (berdasarkan informasi dari pak Nurdin sebagai koordinator KOMPAK, mereka bukan hanya berasal dari Kalisari, tapi juga dari Kampung Baru, Pekayon, Cijantung dan Kampung Rumbut). Santunan yang diberikan dalam bentuk sembako dan uang tunai (Alhamdulillah ada seorang donatur tambahan yang menyumbangkan sarung dibagikan ke mereka, jazakallah).

Akhirnya setelah semua santunan dibagikan, barulah acara ditutup dan saatnya makan malam bagi panitia (udah lapar euy…).

Apa yang kami lakukan hanyalah setitik air dalam luasnya lautan, namun kami berdo’a semoga apa yang telah kita lakukan diridhoi Allah. Jazakallah buat semua donatur, rekan-rekan MQCC, para santri Markaz, Pak Nurdin, Ukhti Kosi dan semua pihak yang mungkin belum disebut.

Photo-photo kondisi komunitas pemulung tersebut bisa di lihat di : http://peduli.multiply.com/photos/album/10

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: